Hari Kedua Asesmen Lapangan MPBA FITK UIN Jakarta Fokus pada Sesi Bersama Tendik, Dosen, dan Praktik Mengajar
Gedung FITK, BERITA FITK Online – Proses Asesmen Lapangan (AL) program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab (MPBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berlanjut ke hari kedua pada Selasa, 17 Juni 2025. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang lantai 2 Gedung FITK sebagai bagian dari upaya memperoleh Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).
Setelah pada hari pertama difokuskan pada sesi pembukaan dan konfirmasi data bersama pimpinan lembaga, pimpinan fakultas dan pengelola program studi, hari kedua asesmen diisi dengan serangkaian sesi mendalam bersama tenaga kependidikan (tendik), para dosen, serta observasi praktik mengajar oleh dosen MPBA.
Dalam sesi bersama tenaga kependidikan, asesor menggali lebih dalam peran dan kontribusi tendik dalam mendukung penyelenggaraan layanan akademik. Bahasan utama dalam sesi ini mencakup efektivitas pelayanan terhadap mahasiswa, dosen, dan alumni, termasuk mekanisme pelayanan administrasi akademik seperti proses perkuliahan, pengisian KRS, yudisium, hingga penerbitan ijazah dan transkrip.
Tak hanya itu, para asesor juga mencermati bagaimana bagian administrasi umum dan keuangan fakultas menjalankan tugasnya dalam menunjang operasional program studi. Hal ini meliputi pengelolaan sarana-prasarana, tata persuratan, hingga pengelolaan anggaran kegiatan akademik dan non-akademik. Asesor menilai pentingnya sinergi lintas unit di tingkat fakultas agar proses akademik berjalan optimal dan terukur.
Dalam konteks ini, peran unit perpustakaan turut menjadi sorotan penting. Perpustakaan FITK dinilai berkontribusi aktif dalam mendukung proses akademik dengan menyediakan akses sumber referensi mutakhir, fasilitas layanan digital dan fisik, serta dukungan literasi informasi bagi mahasiswa dan dosen. Selain itu, perpustakaan juga terlibat dalam membantu kebutuhan riset mahasiswa pascasarjana melalui layanan pencarian referensi, konsultasi penelusuran literatur, dan pelatihan penggunaan aplikasi manajemen referensi.
Berikutnya, para dosen MPBA terlibat dalam sesi diskusi terbuka dengan asesor guna memaparkan pengalaman mereka dalam kegiatan tridarma perguruan tinggi, capaian akademik, serta strategi pengembangan kurikulum dan inovasi pembelajaran. Para asesor memberi apresiasi atas antusiasme dan keterbukaan para dosen dalam menjelaskan dinamika perkuliahan dan tantangan yang dihadapi.
Selain itu, sebagai bagian dari asesmen, dilakukan pula sesi praktik mengajar oleh dosen MPBA yang diamati langsung oleh kedua asesor, yakni Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Bambang Irwan, Lc., M.Ed. dari UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Observasi ini memberikan gambaran langsung tentang kualitas penyampaian materi, interaksi dosen-mahasiswa, serta pemanfaatan media dan metode pembelajaran.
Para asesor menilai bahwa pelaksanaan asesmen hari kedua berjalan lancar dan menunjukkan kesiapan MPBA dalam menjaga mutu pembelajaran secara berkelanjutan. Menurut mereka, keterlibatan aktif seluruh komponen sivitas akademika menjadi modal penting untuk meraih Akreditasi Unggul.
Asesmen Lapangan MPBA ini menjadi momen reflektif dan strategis untuk mengevaluasi implementasi akademik, manajemen kelembagaan, serta penguatan tata kelola prodi. Dengan semangat kolaborasi dan keterbukaan, FITK UIN Jakarta terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi yang unggul dan berdaya saing. (MusAm)